Berkat inovasi teknologi dan pemasaran digital GoFood, Teguk menginspirasi UMKM kuliner lokal agar dapat bersaing di kancah internasional
Jakarta, 29 September 2022 – GoFood, pemimpin dan ahli layanan online food delivery di Indonesia terus memperkuat komitmennya mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kuliner untuk naik kelas dan tumbuh secara berkelanjutan. Hal ini terwujud dengan dukungan GoFood yang menjadi bagian dari perjalanan sukses brand minuman lokal kekinian, Teguk, sejak 2019. Kini Teguk telah resmi berekspansi ke mancanegara dengan membuka gerai pertamanya di New York, Amerika Serikat pada 17 September lalu. Ekspansi perdana Teguk menambah catatan positif UMKM kuliner lokal yang mampu memasarkan produk lokal di pasar internasional berkat go digital.
Global Head of Marketing GoFood, Ichmeralda Rachman mengatakan, “Kami turut bangga akan pencapaian positif dan ekspansi Teguk ke New York. Sesuai komitmen kami, GoFood terus berupaya menjadi mitra andalan bagi pertumbuhan yang berkelanjutan bagi mitra UMKM kami, termasuk Teguk. Salah satu strategi utama GoFood adalah menghubungkan mitra UMKM dengan basis pelanggan GoFood yang loyal dan berkualitas melalui beragam solusi digital seperti aplikasi GoBiz maupun program pemasaran digital GoAds. Inovasi ini merupakan bukti pemahaman mendalam GoFood sebagai pionir online food delivery akan solusi yang dibutuhkan para mitra UMKM kami agar dapat tumbuh secara berkelanjutan.”
Teguk merasakan berbagai manfaat dari digitalisasi dengan bergabung bersama GoFood sejak tiga tahun terakhir guna mengembangkan usahanya. Berkat dukungan berbagai solusi digital dari GoFood, bisnis Teguk berkembang pesat hingga kini.
CEO Teguk, Maulana Hakim mengungkapkan, “Kami sangat berterima kasih atas dukungan GoFood kepada Teguk sebagai UMKM kuliner lokal sehingga kami dapat mewujudkan mimpi kami membawa brand lokal ke internasional. Berkat strategi pemasaran dan penjualan yang tepat sasaran melalui GoFood, kami berhasil meraih pertumbuhan bisnis yang eksponensial hingga 202% sejak bermitra dengan GoFood hingga akhirnya kami berani ke mancanegara, tepatnya ke New York. Ekspansi ini merupakan langkah awal kami untuk memperkuat posisi Teguk sebagai brand lokal yang mengglobal.”
“Pembukaan gerai pertama Teguk di New York, mendapat antusias yang besar dari warga lokal dan kami berhasil menjual 634 minuman dalam kurun waktu tiga hari. Sebagai bagian dari selebrasi pencapaian ini, Teguk bersama GoFood menghadirkan 3 menu eksklusif, antara lain varian Coconut Series yang juga hadir di gerai Teguk New York untuk dapat dinikmati oleh para pelanggan GoFood di Indonesia. Menu eksklusif ini tersedia sejak 17 September hingga 15 Oktober 2022” lanjut Maulana.
Solusi digital yang ditawarkan GoFood terbukti berhasil mendorong bisnis Teguk secara signifikan. Salah satu solusi yang dimanfaatkan oleh Teguk adalah GoAds, yang sukses mendongkrak visibilitas dan penjualan resto di platform GoFood.
GoAds menawarkan beragam keuntungan yang dapat dinikmati oleh para mitra UMKM GoFood seperti Teguk. Mulai dari beriklan dengan tepat sasaran, biaya iklan yang sesuai dengan kebutuhan, serta laporan performa transparan yang berguna sebagai insight untuk menentukan strategi jitu bisnis ke depannya.
“Sejak pertengahan 2019 hingga 2022, Teguk mengalami pertumbuhan pesat sebesar hampir 10 kali lipat dari pertama kali kami menggunakan solusi iklan di GoFood. Dengan memanfaatkan solusi GoFood Top Banner dan Iklan Kategori, kami berhasil meningkatkan brand awareness dan konsiderasi calon pelanggan untuk membeli produk Teguk. Hingga Juni 2022, penjualan Teguk mengalami kenaikan 2-3 kali lipat.” papar Maulana.
Lebih lanjut, Teguk juga memanfaatkan aplikasi GoBiz untuk mengelola operasional ratusan gerainya secara digital dari waktu ke waktu. Terlebih lagi, inovasi fitur Merchant Acceptance Flow (MAF) atau Super Partner yang mempersingkat arus proses pesanan yang masuk dan membantu setiap gerai Teguk untuk melakukan konfirmasi atas setiap pesanan yang masuk dari pelanggan.
“Seluruh inovasi teknologi digital yang GoFood hadirkan diharapkan dapat menjadi salah satu kunci utama untuk memajukan bisnis UMKM kuliner lokal lewat digitalisasi dan membawa produk lokal juara di kancah nasional maupun internasional.” tutup Ichmeralda.